November 29, 2020
fis@unima.ac.id

Visi, Misi, dan Tujuan Fakultas Ilmu Sosial UNIMA

VISI

” Tahun 2025 menjadi fakultas yang unggul & kompetitif dalam bidangĀ  pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial & Ilmu-ilmu Sosial berdasarkan Pancasila “

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, selanjutnya dirumuskan misi Fakultas Ilmu Sosial  Unima sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi bagi tenaga guru dan tenaga non kependidikan dengan saling menopang dalam upaya pengembangan ilmu-ilmu sosial.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam ilmu-ilmu sosial untuk pengembangan kemampuan akademik dan profesi yang berkarakter di bidang kependidikan dan non kependidikan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat sesuai kebutuhan dan sebagai usaha mengimplementasikan hasil pengembangan ilmu sosial yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama kemitraan dengan berbagai institusi di dalam dan di luar negeri untuk pengembangan FIS Unima.

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi di atas, maka tujuan yang hendak diwujudkan oleh Fakultas Ilmu Sosial Unima adalah sebagai berikut:

  1. Terselenggaranya sistem pendidikan akademik yang profesional melalui tenaga pendidik yang memiliki kompetensi kependidikan dan non kependidikan dalam bidang ilmu-ilmu sosial.
  2. Terwujudnya tenaga kependidikan dan non kependidikan yang berkompeten dan profesional dan mampu mengembangkan ilmu-ilmu sosial secara berkarakter.
  3. Meningkatnya kemampuan tenaga pendidik FIS Unima dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang ilmu-ilmu sosial sebagai sarana pengembangan kemampuan akademik.
  4. Terselenggaranya pendidikan karakter dalam kultur akademik yang profesional melalui sikap dan perilaku civitas akademika sesuai nilai-nilai Pancasila.
  5. Terwujudnya model pendidikan yang berakar pada nilai-nilai kearifan lokal (local wisdom) yang universal sebagai kekuatan untuk memasuki kancah global.
  6. Terwujudnya manajemen fakultas yang transparan, akuntabel, responsive, efektif dan efisien.