November 29, 2020
fis@unima.ac.id

FAKULTAS ILMU SOSIAL (FIS)

Sejarah Organisasi dan Kegiatan Fakultas

Perkembangan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) tidak terlepas dari perkembangan IKIP Manado sejak terbentuk PTPG, FKIP, sampai pada IKIP berdiri sendiri. FPIPS bersama dengan jurusan-jurusan seperti (Sejarah, Geografi, Ekonomi, Hukum dan Antropologi) yang dikelola oleh PTPG Tondano, FKIP UNHAS Tondano, FKIP UNHAS Manado dan FKIP UNSULTENG.

FPIPS muncul pada tahun 1963 dengan nama Fakultas Keguruan Pengetahuan Sosial (FKPS) pada waktu FKIP UNSULTENG berubah statusnya menjadi IKIP Yogyakarta Cabang Manado. Pada tahun 1965, bersamaan dengan perubahan status IKIP Yogyakarta menjadi IKIP Yogyakarta Cabang Manado menjadi IKIP Manado. FKPS berubah nama menjadi Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS) dan membina jurusan-jurusan : Civics Hukum, Sejarah, Amtropologi, Geografi, Ekonomi Umum, Ekonomi Perusahaan dan Ekonomi Administrasi. Surat Keputusan Menteri DIKBUD No. 0571/0/1983 FKIS berubah menjadi FPIPS dan menetapkan jurusan dalam lingkungan FPIPS sebagai berikut :

  1. Jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewargaan Negara (PMP-KN).
  2. Jurusan Pendidikan Dunia Usaha (PDU) yang membina 4 buah program yaitu : Program Pendidikan Koperasi, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Tata Niaga dan Pendidikan Administrasi Perkantoran.
  3. Jurusan Pendidikan  Geografi
  4. Jurusan Pendidikan  Sejarah
  5. Jurusan mata Kuliah Dasra Umum (MKDU), FPIPS IKIP Manado dipercayakan untuk melaksanakan program gelar (S1) dan program non gelar (S0).

(Buku Pedoman FPIPS 1990).

Struktur Organisasi FPIPS

  1. Dekan
  2. Pembantu Dekan
  3. Bagian Tata Usaha
  4. Jurusan
  5. Kelompok Pengajar

ad. a. Dekan

Dekan mempunyai tugas memimpin pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan pembinaan sivitas akademika di lingkungan fakultas.

ad. b. Pembantu Dekan

1).   Pembantu Dekan Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat yang selanjutnya disebut Pembantu Dekan I, yang mempunyai tugas mewakili Dekan dalam memimpin pelaksanaan, Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat.

2).   Pembantu Dekan bidang Administrasi Umum yang selanjutnya disebut Pembantu Dekan II, yang mempunyai tugas mewakili Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang administrasi umum.

3).   Pembantu Dekan bidang Kemahasiswaan yang selanjutnya disebut Pembantu Dekan III, yang mempunyai tugas mewakili Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang pendidikan yang bersifat korikuler.

ad. c. Bagian Tata Usaha

Bagian Tata Usaha mempunyai tugas melaksanakan urusan tata usaha dan rumah tangga fakultas.

  1. Sub Bagian  Umum dan Perlengkapan, dengan tugas melakukan urusan surat menyurat, rumah tangga dan perlegkapan.
  2. Sub Bagian Kepegawaian dan Keuangan, dengan tugas melakukan urusan kepegawaian dan keuangan.
  3. Sub Bagian Akademik, dengan tugas melakukan urusan administrasi akademik, yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  4. Sub Bagian Kemahasiswaan dan hubungan Alumni, dengan tugas melakukan urusan administrasi pembinaan kemahasiswaan dan hubungan alumni.

ad. d. Jurusan

Jurusan adalah unsur pelaksana fakultas di bidang studi tertentu yang berada dibawah Dekan. Jurusan dipimpin oleh seorang ketua jurusan yang dipilih dari antara tenaga pengajar dan bertanggung jawab langsung kepada Dekan dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Ketua jurusan dibantu oleh seorang sekretaris jurusan, mempunyai tugas sebagai atau salah satu cabang ilmu teknologi atau seni tertentu sesuai dengan program pendidikan yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

ad.e. Kelompok Pengajar

Kelompok Pengajar adalah tenaga pengajar di lingkungan fakultas yang berada dibawah dan bertangggung jawab langsung kepada Dekan. Kelompok pengajar terdiri dari : tenaga pengajar biasa dan tenaga pengajar luar biasa, kelompok pengajar mempunyai tugas melakukan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan bidang keahliannya/ilmunya serta memberikan bimibingan kepada mahasiswa dalam rangka memenuhi kebutuhan dan minat mahasiswa didalam proses pendidikannya.

Pengajar sebagai tenaga Fungsional Akademik adalah pemangku jabatan fungsional yang mempunyai tugas pokok melaksanakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dan tugas lainnya dalam hal pembinaan mahasiswa serta pengembangan fungsional.

( ** Sistem Pendidikan Tinggi Kependidikan Berdasarkan Pancasila, Materi khusus Penataran P-4 Pola 100 Jam FPIPS IKIP Manado tahun 1987/1988)