November 29, 2020
fis@unima.ac.id

Penjaminan Mutu di Fakultas Ilmu Sosial Unima dilaksanakan dengan mengikuti mekanisme dan prosedur sebagai berikut:

  1. Bersama-sama dalam kegiatan LPMPT Unima merumuskan standar mutu berdasarkan visi dan misi institusi baik Universitas, fakultas, maupun setiap program studi.
  2. Melaksanakan standar mutu yang telah ditetapkan.
  3. Melaksanakan monitoring untuk mengingatkan/pelurusan sesegera mungkin jika terjadi kelalaian atau ketidakpatuhan pelaksanaan.
  4. Melaksanakan evaluasi diri untuk menemukenali kondisi obyektif kekuatan dan kelemahan diri.
  5. Dibawah koordinasi LPMPT Unima melaksanakan audit internal untuk mengetahui pencapaian standar.
  6. Merumuskan langkah perbaikan dan atau merumuskan standar baru dalam rangka peningkatan mutu secara berkelanjutan.

    Pada tingkat Fakultas pelaksanaan penjaminan mutu dilaksanakan oleh Tim Penjaminan Mutu Fakultas (TPMF). TPMF ini mempunyai tugas merencanakan dan melaksanakan sistem penjaminan mutu akademik secara keseluruhan di lingkungan Unima, membuat perangkat yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik, memonitor pelaksanaaan sistem penjaminan mutu akademik, melaksanakan audit dan evaluasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik, serta melaporkan secara berkala pelaksanaaan sistem penjaminan mutu akademik kepada Dekan dengan tembusan semua ketua program studi di lingkungan FIS Pada tingkat program studi pelaksanaan penjaminan mutu dilaksanakan oleh Gugus Kendali Mutu (GKM). Sekalipun demikian hingga saat ini GKM belum semua terbentuk sehingga pelaksanaan penjaminan mutu dilaksanakan di bawah koordinasi Pimpinan fakultas bersama-sama dengan pimpinan program studi. Di dalam pelaksanaan kegiatan dilakukaan koordinasi dengan TPMF. Tim penjaminan mutu tingkat fakultas beranggotakan perwakilan dari tiap-tiap program studi. Tim penjaminan mutu tingkat fakultas sudah menyiapkan dokumen penjaminan mutu baik berupa Kebijakan Akademik, Peraturan Akademik, Standar Akademik, dan Pedoman Mutu Akademik. Penyiapan semua dokumen standar mutu tersebut dilakukan bersama-sama dan di bawah koordinasi LPMPT Unima.